Ketahui Penyebab Hp Lemot dan Macet Ini Sebelum Menanganinya

Ketahui Penyebab Hp Lemot dan Macet Ini Sebelum Menanganinya

Menggunakan hp telah menjadi aktivitas sehari-hari yang lumrah di era serba digital seperti sekarang. Fungsinya terus berkembang mulai dari mencari informasi, terkoneksi dengan sanak saudara, hingga belajar dan bekerja. Masalah yang sering dialami oleh pengguna aktif seperti itu adalah hp yang lemot. Penyebab hp lemot dan macet cukup beragam.  Inilah beberapa penyebab yang menimbulkan lemot maupun macet di hp:

1. Penyimpanan Internal Penuh

Penyebab yang cukup banyak dialami pengguna adalah penuhnya ruang penyimpanan internal. Apabila bagian ini penuh, kinerja hp akan melambat bahkan macet apabila tidak dikurangi sebagian bebannya. Salah satu solusinya yaitu menggunakan memori eksternal untuk menampung lebih banyak file.

2. Kualitas Memori Eksternal

Penyebab hp lemot dan macet lainnya bisa terjadi karena kualitas memori eksternal yang buruk. Meski bagian ini mampu menyediakan lebih banyak ruang untuk menyimpan file, jika kualitasnya rendah maka bisa membuat performa hp menjadi lambat. Alasannya, kualitas rendah membutuhkan lebih banyak kerja keras dari RAM untuk menjalankannya. Pilihlah memori eksternal dengan kualitas class minimal 10.

3. RAM Penuh

RAM merupakan perangkat penting yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dan memberi instruksi ke berbagai program agar bisa menjalankannya. Bagian ini memegang peran penting dalam mempengaruhi kecepatan proses berjalannya aplikasi di hp. Saat RAM mulai penuh, tentu hp akan lemot karena kinerjanya melambat.

4. Banyak Aplikasi Berjalan

Terlalu banyak membuka aplikasi juga contoh penyebab hp lemot dan macet. Membuka banyak aplikasi bersamaan bisa menguras banyak RAM sehingga tidak heran bila kinerja hp menjadi tidak optimal. Atasi hal ini dengan menutup apps yang tidak sedang dipakai.

Fokus pada satu atau dua aplikasi yang sering digunakan saja. Opsi lainnya adalah menonaktifkan aplikasi yang merupakan bawaan ponsel dari menu pengaturan. Caranya membuka menu “Application”, kemudian pilih apps-nya dan ketuk “Disable App” untuk menonaktifkan.

5. Jarang Membersihkan Cache

Membersihkan cache adalah kebiasaan yang sangat baik. Terdengar sederhana, namun sebenarnya cukup berdampak. Cache berisikan data dari pemakaian memori hp saat menggunakan aplikasi. Apabila jarang dihapus, lama kelamaan akan penuh dan mengganggu fungsi hp seperti melambat bahkan macet.

Solusinya dengan pembersihan manual dari menu “Settings”. Lalu, buka “Application” kemudian pilih aplikasi dan tekan “Clear Cache”. Lakukan pada apps yang sering digunakan. Bisa juga menggunakan bantuan aplikasi tambahan untuk pembersihan menyeluruh.

6. Terlalu Banyak Widget

Widget memang dapat memperindah tampilan hp, namun jika terlalu berlebihan bisa mengakibatkan hp lemot dan macet. Lakukan pembatasan jumlah widget serta wallpaper hidup. Hal ini akan membuat kinerja RAM tidak terlalu berat dan tetap optimal.

7. Sistem Operasi Tidak Sesuai

Sistem operasi (software) yang tidak update juga merupakan penyebab hp lemot dan macet. Apabila hp sangat jarang diperbarui, maka kemungkinan lemot akan lebih tinggi. Alasannya karena berbagai aplikasi yang sudah update menimbulkan ketidakcocokan dengan sistem operasi lama pada perangkat. Contohnya mengunduh apps yang memerlukan software terbaru, padahal sistem di perangkatnya masih versi lama. Hal ini lama kelamaan bisa membuat hp hp lemot saat memakai aplikasi tersebut.

Demikian informasi mengenai penyebab hp lemot dan macet. Setelah memahaminya, pengguna bisa mengatasi dan menghindari terjadinya masalah serupa di kemudian hari. Menjaga kinerja hp agar tetap optimal merupakan keterampilan yang penting dimiliki semua orang. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ketika banyak tempat servis yang harus tutup untuk sementara waktu.

error: Content is protected !!