2 Cara Nonton YouTube Luar Negeri Ini

Ingin Mengakses Konten Terbatas, Lakukan 2 Cara Nonton YouTube Luar Negeri Ini

YouTube merupakan situs yang diminati banyak orang sejak belasan tahun lalu. Tidak hanya dapat diakses dari situs resmi, sekarang YouTube hadir dalam bentuk aplikasi sehingga bisa diakses lebih mudah. Sayangnya, ada beberapa video yang terbatas untuk beberapa negara saja. Cara nonton YouTube luar negeri sebenarnya tidak sulit. Apabila ingin melihat video yang belum tersedia di daerah pengguna, proxy bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya:

Melalui Situs

Cara yang pertama adalah langsung dari situsnya. Langkah ini cukup sederhana, namun sebelum memulainya pengguna perlu mengunduh proxy atau VPN terlebih dahulu di perangkatnya. Tujuannya untuk memberikan akses pada situs yang tidak dapat diakses di daerah tempat pengguna tinggal:

1. Masuk Akun YouTube

Buka browser lalu ketikkan YouTube di mesin pencari. Lihat pada bagian teratas yang beralamat https://www.youtube.com/ lalu klik. Pengguna akan dibawa menuju halaman utama YouTube yang berisikan rekomendasi video sesuai area tempat tinggal. Apabila belum login akun YouTube, tekan “Sign In” lalu ketikkan alamat email beserta password.

2. Memilih Negara

Tekan tombol profil yang ada di sebelah kanan pada halaman utama YouTube. Setelah itu, pengguna akan melihat sub menu yang muncul di bawah ikonnya. Cara nonton YouTube luar negeri berikutnya tekan “Location” lalu pilih negara mana yang diinginkan. Hal ini disesuaikan dengan konten yang ingin ditonton. Sebagai contoh konten anime yang terbatas, maka bisa memilih server yang berasal dari Jepang yaitu “Japan”.

Setelah mengganti lokasinya, perubahan negara ini hanya merubah urut dan dari konten yang ditampilkan saja. Oleh karena itu, jika ingin melihat video yang tidak bisa ditonton di negara sendiri harus memiliki layanan proxy. Pengguna yang sudah memiliki proxy bisa langsung mengakses video yang tadinya diblokir di negara asal pengguna.

Melalui Aplikasi

Opsi kedua adalah memanfaatkan aplikasi YouTube. Masih sama dengan cara sebelumnya, sebelum memulai pengguna perlu menginstal proxy atau VPN terlebih dahulu dan mengizinkan aksesnya untuk apps YouTube. Tujuannya supaya bisa terhubung dengan jaringan luar negeri sehingga dapat melihat konten yang diinginkan:

1. Download dan Masuk Akun YouTube

Unduh apps YouTube melalui toko aplikasi sebelum menjalankan cara nonton YouTube luar negeri. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai jenis perangkat, dengan ukuran 99 MB. Setelah aplikasinya terinstal, buka kemudian sign in menuju akun pribadi dengan menuliskan email beserta password.

2. Mengganti Negara

Klik pada ikon profil yang ditandai dengan inisial dari nama akun pengguna. Misalnya akun bernama Alisa, maka huruf yang keluar adalah A. Selanjutnya masuk pada menu pengaturan (Settings) yang berbentuk roda gigi. Setelah pengaturan terbuka, pilih bagian “Location”. Di sini akan muncul daftar nama negara dengan urutan abjad (mulai A). Pengguna bisa langsung memilih negara sesuai video yang ingin ditonton.

Tekan tombol panah kiri setelah menentukan negara pilihan, maka pengaturan ini akan disimpan oleh YouTube. Pengguna yang memiliki proxy bisa menonton video yang aksesnya diizinkan negara tersebut. Jika belum memilikinya, maka yang berubah hanyalah urutan dari konten yang ditampilkan saja.

Demikian dua cara nonton YouTube luar negeri yang bisa diterapkan dengan mudah. Biasanya ada beberapa video yang dibatasi oleh negara asalnya sehingga tidak dapat diakses di area tertentu. Tentu disayangkan apabila kontennya cukup eksklusif dan jarang ada. Sekarang jika melihat tulisan “Restricted Video”, pengguna tetap bisa menontonnya dengan cara mengganti server seperti yang telah diuraikan di atas.

error: Content is protected !!