Begini 9 Tips dan Tutorial Hp Ketika Lemot

Hp tidak lepas dari pandangan manusia di era ini karena begitu banyak yang bisa dilakukan hanya dengan segenggam Smartphone tersebut. Namun apa jadinya jika di saat-saat kita memerlukan Hp untuk melakukan sesuatu yang urgent, Hp malah bermasalah dan membuat pemakainya menjadi kesal.

Lantas bagaimana tips dan tutorial Hp ketika lemot agar bekerja normal kembali??

  1. Bersihkan Ruang Penyimpanan

    Terlalu asik menggunakan Hp, kita kadang lupa untuk membersihkan berberapa file sampah di memori. Ini tentu menjadi masalah besar karena sampah-sampah tersebut bisa menyebabkan memori full dan akibatnya sistem Hp berjalan dengan lambat. Sering-sering untuk membersihkan file sampah tersebut atau cache agar Hp bisa bekerja kembali dengan baik.

  2. Update Software

    Selanjutnya, tips dan tutorial Hp ketika lemot yaitu mengupdate software sistem kerja smartphone lebih stabil. Perhatikan juga berapa besar memori anda yang tersisa agar softwarenya bisa di update tanpa hambatan. Jadi, jangan tunda untuk mengupdate software saat ada pemberitahuan.

  3. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

    Terkadang orang-orang suka menggunakan banyak aplikasi di posel mereka tanpa memikirkan kapasitas memori yang dimiliki. Terlalu banyak aplikasi akan membuat kerja Hp menjadi lemot karena terlalu berat. Untuk itu, hapuslah beberapa aplikasi yang jarang atau sudah tidak digunakan lagi.

  4. Aplikasi Tidak Sesuai Penyimpanan

    Sekarang memang banyak sekali aplikasi-aplikasi menarik yang mencuri perhatian khalayak ramai. Entah itu aplikasi tentang pendidikan, berita, game, kencan dan lain-lain. Semua aplikasi tersebut seolah menarik orang-orang untuk menggunakannya.

    Dan orang juga kadang tidak melihat aplikasi yang akan diunduh apakah sesuai dengan perform memorinya atau tidak. Hal ini menyebabkan Hp menjadi lemot ketika digunakan karena ruang penyimpanan yang terlalu banyak.

  5. Kurangi Penggunaan Widget

    Tips dan tutorial Hp ketika lemot yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah mengurangi penggunaan widget yang tidak penting. Terlalu banyak menggunakan widget memakan banyak RAM sehingga ponsel menjadi lemot ketika digunakan. Jadi sebaiknya gunakan widget yang penting saja.

  6. Jangan Charge Hp Telalu Lama

    Baterai pada ponsel merupakan sesuatu yang sangat penting. Karena ketika baterai ponsel habis, maka kita sebagai pemakainya akan kesal karena masih ingin menggunakannya apalagi jika tidak di rumah. Namun, ponsel ternyata tidak boleh di charge terlalu lama karena bisa mengurangi daya dari baterai tersebut.

    Ponsel juga harus di charge sebelum baterainya habis karena akan menyebabkan kerusakan sistem pada baterai ponsel dan sehingga ponsel berjalan dengan lemot.

  7. Jangan Menggunakan Banyak Aplikasi Anti Virus

    Aplikasi anti virus memang sangat bagus digunakan untuk menangkal malware yang masuk dan merusak ponsel. Namun, menggunakan banyak aplikasi anti virus juga tidak baik karena memakan banyak ruang penyimpanan. Jadi gunakan satu aplikasi anti virus saja.

  8. Gunakan Launcher dari Aplikasi Lain

    Aplikasi Launcher memang sudah dimiliki oleh setiap ponsel yang berfungsi untuk menyegarkan ponsel. Namun, terkadang orang sudah bosan dengan tampilan launcher yang itu-itu saja. Jadi tidak ada salahnya untuk menggunakan launcher dari aplikasi lain sebagai salah satu tips dan tutorial ketika Hp lemot.

  9. Factory Riset

    Factory riset merupakan jalan terakhir yang bisa ditempuh jika semua cara di atas telah dilakukan, tapi Hp masih tetap lemot. Setalah ponsel di riset, maka masalah Hp lemot sudah tidak ditemukan lagi. Namun, sebelum melakukan riset ada baiknya data-data yang penting diamankan terlebih dahulu agar tidak hilang.

Itulah beberapa tips dan tutorial Hp ketika lemot yang bisa kalian gunakan ketika Hp sedang bermasalah. Intinya, rajinlah mengecek ponsel ada dan dibersihkan cachenya secara berkala agar sistem ponsel bisa bekerja dengan baik. Jadi orang yang menggunakanya pun merasa nyaman dan tidak terganggu.

error: Content is protected !!